Kepala Dinkes Kota Depok Novarita saat memberikan paparan dalam webinar Hari Kesehatan Nasional Ke 56 secara virtual. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya dalam mencegah penyebaran Coronavirus atau Covid-19. Untuk memaksimalkannya, beberapa inovasi, mulai dari inovasi di bidang kebijakan, pencegahan, penguatan surveilans, penguatan pemeriksaan PCR, pelayanan Puskesmas, dan penanganan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, dilakukan untuk menjadi prioritas Pemerintah Kota.

"Jadi berbagai inovasi tersebut dalam upaya pencegahan Covid-19 agar kasus penyebarannya semakin sedikit," jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita saat menyampaikan paparan pada webinar Hari Kesehatan Nasional ke-56, Kamis (12/11/20). 

Dikatakannya, untuk inovasi bidang kebijakan yaitu melalui pembangunan aplikasi PICODEP untuk kemudahan pencatatan dan pelaporan, aplikasi KSC-19 untuk kemudahan diseminasi informasi Covid-19 bagi masyarakat, serta penyebaran informasi. Untuk inovasi bidang pencegahan melalui perubahan perilaku masyarakat, bidang penegakan hukum, serta bidang logistik dan bantuan sosial. 

Selanjutnya, untuk inovasi bidang penanganan dilakukan melalui penguatan tracing, penguatan testing, dan penguatan treatmen. Lalu, untuk inovasi bidang penguatan survailans melalui menambah kekuatan tenaga survailans baik di tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan. 

"Untuk inovasi bidang penguatan pemeriksaan PCR melalui menyediakan laboratorium di lima tempat," terangnya.

Lebih lanjut, ucap Novarita, pihaknya juga melakukan inovasi untuk bidang pelayanan Puskesmas melalui promosi kesehatan, pemeriksaan swab, serta pelayanan rujukan kasus. Sedangkan, untuk inovasi bidang penanganan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu melalui memberikan pelayanan kegawatdaruratan juga melakukan evakuasi kepada kasus konfirmasi aktif unuk dirujuk ke rumah sakit. 

Terkahir, Novarita berharap dengan berbagai inovasi yang dilakukan dapat menurunkan kasus Covid-19 di Kota Depok. Tentunya juga dengan sinergisitas dari masyarakat untuk mendukung seluruh program yang sudah dilakukan. 

"Semoga seluruh inovasi yang dilakukan dapat optimal dalam menekan kasus Covid-19 di Depok," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?