Saat Karang Taruna Progres 28 Cinangka sedang membuat mural dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Membangun karakter pemuda yang cinta tanah air dan peduli terhadap lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna (Katar) Progres 28 RW 08, Kelurahan Cinangka dengan membuat seni mural.

Ketua Katar Progres 28, Septian Haditama menuturkan, pihaknya berupaya membangun karakter pemuda cinta tanah air dan peduli terhadap lingkungan melalui seni mural. Maka, pihaknya mengambil tema atau konsep mural yang mengandung tiga unsur, yaitu Nasionalisme, Budaya dan Lingkungan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober.

"Tiga unsur yang digambar pada acara mural tersebut mengartikan kecintaan dan kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan, kebudayaan. Kemudian, toleransi dalam keberagaman agama dan membangkitkan kembali semangat gotong royong untuk kemajuan bersama," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Sabtu (31/10/20).

Dia menjelaskan, pembuatan mural dilakukan selama lima hari dari tanggal 24-28 Oktober 2020. Dua hari untuk pengecatan dasar dan tiga hari untuk pembuatan mural.

"Ada beberapa organisasi di sekitar Cinangka yang ikut dan mendukung kegiatan ini. Di antaranya Angkatan Muda Muhammadiyah Ranting Cinangka, Rumah Baca Marbabu, Serdadu Kosong Satu dan Muda Mudi Kebon Barat," jelasnya.

Dia pun berharap ke depan pemuda di wilayah Depok, khususnya Cinangka setelah melihat mural ini, dapat lebih memahami arti filosofisnya. Yaitu mencintai tanah air dan peduli akan lingkungannya sendiri.

"Jangan hanya memandang dari sisi kreativitas atau seninya saja. Tapi harus memahami kandungan filosofis yang terkandung dalam mural tersebut," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?