Koordinator Bidang Kreatif Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Muhamad Arifin. (Foto: JD 04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat menyatakan kesiapannya mendorong kemajuan pelaku industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok. Pihaknya akan menyediakan fasilitas berupa stan atau galeri khusus untuk menjajakan produk unggulan Depok di Gedung Kerajinan Jawa Barat (Kerabat) Store yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bandung.

Koordinator Bidang Kreatif Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Muhammad Arifin menjelaskan, pihaknya sedang merenovasi lantai 2 gedung tersebut. Nantinya di sana akan digunakan galeri produk untuk 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

"Awal tahun 2022 akan kami undang Dekranasda se-Jawa Barat untuk mengisi galeri itu dengan produk unggulan masing-masing daerah yang pastinya juga memiliki potensi nilai jual," jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai menerima kunjungan kerja Dekranasda Kota Depok, Kamis (18/11/21).

Arifin mengungkapkan, potensi industri kreatif Kota Depok sangat tinggi dan termasuk salah satu unggulan di Jawa Barat. Terbukti sejak beberapa tahun lalu, perkembangan industri kreatif Depok merupakan yang tercepat di Jabar.

"Ini bisa jadi modal untuk berkembangnya pengrajin Depok dan bersaing dengan daerah lainnya," kata Arifin.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Zamrowi menyebut, sejauh ini sudah ada beberapa produk Depok yang dijual di Kerabat Store, salah satunya batik. Menanggapi akan dibuatkan gerai display, dirinya menyambut baik dan akan menyiapkan produk-produk unggulan IKM dan UKM.

Zamrowi menuturkan, pihaknya bakal melakukan kurasi atau seleksi penilaian guna menentukan produk-produk yang layak ditampilkan. Meliputi dari tiga jenis yaitu kerajinan tangan, kuliner, dan fashion.

"Tentu ini akan sangat mempengaruhi peningkatan ekonomi pelaku usaha," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?