Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi saat membuka acara rapat koordinasi Komunitas Hijau Hebat yang terdiri dari seluruh Bank Sampah, di aula kantor Kecamatan Sukmajaya, Kamis (09/07/20). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id – Upaya penanganan masalah sampah terus dilakukan di Kecamatan Sukmajaya. Termasuk memaksimalkan keberadaan bank sampah.

Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi mengatakan, saat ini terdapat sekitar 55 unit bank sampah di wilayahnya. Jumlah tersebut tersebar di enam kelurahan yang ada.

“Keberadaan bank sampah terbukti efektif mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Cipayung karena dipilah terlebih dahulu. Terutama sampah non-organik yang sulit diurai,” ujarnya, usai membuka acara bersama Komunitas Hijau Hebat, di aula kantor kecamatan, (09/07/20).

Untuk itu, kata Tito, pihaknya  berkomitmen akan mendukung penuh seluruh kegiatan bank sampah. Termasuk, pelatihan dan pembinaan bagi relawannya.

“Kami sudah usulkan juga saat Musrenbang tahun ini untuk kebutuhan penunjang lainnya. Seperti alat timbangan, kalkulator, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Senada dengan itu, Koordinator Bank Sampah Kecamatan Sukmajaya, Saptawati Meina juga meminta peran aktif masyarakat dalam mengatasi masalah sampah.  Yaitu dengan gerakan memilah sampah mulai dari sumbernya.

“Pengelolaan sampah itu bukan hanya tugas pemerintah namun tanggung jawa bersama,” ucapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?