Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat bersama Lurah Depok Jaya Herliana Maharani dan warga RW 03 Kelurahan Depok Jaya saat membersihkan saluran air di Jalan Pepaya V, Sabtu (18/06/22). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Guna mengantisipasi terjadinya genangan di Jalan Pepaya V, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, warga RW 03 atau Ertiga membersihkan saluran air di sepanjang Jalan Nangka Raya pada Sabtu (18/06) secara gotong royong. Pasalnya, di wilayah tersebut kerap terjadi genangan ketika hujan deras.

"Seluruh warga dari RT 01-11 turun membersihkan saluran air dari sampah dan sedimen tanah," kata Ketua RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Nuryadin Rahman kepada berita.depok.go.id, Selasa (21/06/22).

Nuryadin menuturkan, sebelumnya pihaknya melakukan observasi terhadap penyebab genangan air tersebut. Ternyata, sumbernya berasal dari saluran air di RW 1 dan 2 yang tersumbat sehingga air meluap ke Jalan Pepaya V.

“Seharusnya air tersebut mengalir melewati drainase di Jalan Nangka Raya menuju ke Lembah Gurame, tapi selama ini drainase tersebut tidak berfungsi dengan baik. Kami berharap ada solusi dari Pemkot Depok dalam mengatasi masalah ini," ucapnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat yang ikut dalam kerja bakti di RW 03. Dirinya mengaku, kerap terjadi genangan di Jalan Pepaya V, namun beruntung air cepat surut karena ada sumur resapan di lokasi tersebut.

Syaiful menyebut, keberadaan sumur resapan sangat efektif menyerap air yang mulai menggenang saat hujan deras untuk menghindari terjadinya banjir. Dirinya berharap, perangkat daerah terkait dapat memperbanyak titik sumur resapan di lokasi yang rawan banjir.

"Sumur resapan sangat bermanfaat untuk masyarakat, mudah-mudahan bisa ditambah keberadaannya di Kecamatan Pancoran Mas," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?