Kader jumantik saat melakukan pemantauan jentik nyamuk. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti memaksimalkan peran kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di setiap rumah. Yaitu dengan memantau jentik di tempat yang dapat menampung air demi mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti Eni Ernawati mengatakan, saat ini sudah mulai digencarkan satu rumah satu kader jumantik. Peran mereka untuk mengecek temuan jentik nyamuk aedes aegypti di lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Kami maksimalkan peran kader jumantik untuk memantau perkembangan jentik nyamuk di tempat yang kerap tergenang air,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (08/06/21).

Menurut Eni, setiap minggunya kader jumantik membuat laporan kepada tim kesehatan lingkungan (kesling) Puskesmas Harjamukti. Untuk selanjutnya dilakukan pemantauan langsung oleh petugas jika teridentifikasi jentik nyamuk.

Selain melakukan pemantauan, lanjut dia, kader jumantik juga memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menutup, mengubur, dan menguras (3M) Plus.

“Mari sama-sama menggiatkan PSN dari diri sendiri untuk lingkungan sekitar. Semua itu agar kita terbebas dari DBD,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?