Satgas DPUPR Kota Depok melakukan normalisasi Situ Pengarengan menggunakan alat berat, Selasa (28/09/21). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id- Upaya pencegahan banjir dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dengan normalisasi sejumlah situ. Hal ini untuk mengembalikan fungsi penyerapan air agar bisa lebih maksimal.

"Ada tiga situ yang menjadi prioritas kami untuk dinormalisasi. Yaitu Situ Jatijajar, Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan. Ketiganya akan mendapat penanganan serius dari kami, mengingat sedimen lumpurnya sudah cukup tinggi,” ujar Plt Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (28/09/21).

Dikatakannya, guna memaksimalkan pengerjaan, pihaknya juga mengerahkan sejumlah alat berat. Antara lain excavator, doosan excavator, amphibi, menzi, spider mini, truxor dan lain sebagainya

"Kami juga melakukan normalisasi pada Situ Tujuh Muara, Sungai Ciliwung-Katulampa depan PT YKK, saluran air di Bedahan dalam acara TMMD, serta pengerukan kolam resapan di Studio Alam TVRI,” terangnya.

Citra berharap, upaya ini bisa memaksimalkan fungsi situ untuk penyerapan air. Dengan begitu, potensi banjir bisa diantisipasi lebih dini.

 “Mudah-mudahan situ yang telah kami normalisasi bisa maksimal dalam penyerapan air. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?