Lurah Pondok Petir (Pontir), Rizal Farhan saat melakukan pengecekan pengerukan Kali Angke. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id-Lurah Pondok Petir (Pontir), Rizal Farhan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengerukan terhadap Kali Angke yang berada di  RW 12.  Pengerukan dilakukan  untuk mengatisipasi banjir akibat luapan kali tersebut.

“Beberapa waktu lalu RW 12  ini selalu terkena banjir karena luapan air sungai. Atas Arahan Bapak Wali Kota Depok Mohammad Idris, kami melakukan pengerukan terlebih dahulu hingga nanti dinormalisasi oleh Pemkot dan pemerintah pusat,” ujarnya kepada  berita.depok.go.id, Selasa (14/07/20).

Dirinya menjelaskan, pengerukan dilakukan  oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Proses pengerekukan diperkirakan  selama satu bulan.

“Untuk proses pengerukan langsung dilakukan oleh Satgas dan alat berat untuk pengerukan kali. Alat beratnya berupa Amphibi Excavator,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan  Kelurahan Rawakalong Kabupaten Bogor  yang berbatasan langsung dengan wilayahnya. Semua itu guna bersama-sama menangani permasalahan Kali Angke.

“Saya sendiri sudah koordinasi dengan wilayah perbatasan, misalnya ke  Kelurahan Rawakalong Kabupaten Bogor. Kami diskusi berkolaborasi agar bisa menangani Kali Angke sehingga  tidak meluap lagi,” ucapnya.

Dia juga meminta masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan kali tersebut. Yaitu dengan tidak membuang sampah ke aliran kali.

“Jadi jangan sampai ada pendangkalan karena sampah.” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?