Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohamad Thamrin (tengah), saat menghadiri Musyawarah Cabang V 2021, Kwarcab Kota Depok, di Gedung Pramuka Kwarcab Depok, Kamis (14/01/21).  (Istimewa)

berita.depok.go.id -  Anggota Pramuka di Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Depok diminta terus mengembangkan bakat dan kemampuannya, serta menjadi contoh di lingkungannya. Termasuk, mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, gerakan Pramuka harus menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme, dan religiusitas. Tidak hanya itu, diharapkan juga dapat menguatkan karakteristik siswa. 

"Jadi semua sekolah wajib melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler ini, karena semua kegiatan-kegiatan dalam rangka penguatan karakter ada di Pramuka, mulai dari nilai religiusnya, semangat nasionalisme, gotong royong, kemandirian,hingga integritas," ujar Thamrin, kepada berita.depok.go.id, di Gedung Pramuka Kwarcab Depok, Kamis (14/01/21). 

Dia menjelaskan, pihaknya siap mendukung penuh kegiatan Pramuka di Kota Depok. Salah satunya dengan menyediakan ruang untuk konten kepramukaan di kanal Youtube 'Mari Belajar Bersama Disdik Depok' yang akan diluncurkan besok (18/01).

"Di dalamnya nanti ada materi kepramukaan. Misalnya terkait penguatan bakat dan minat siswa. Kontennya bisa diurus oleh Kwartir Cabang," katanya. 

Teralhir, Thamrin berpesan, agar setiap anggota pramuka dapat menjadi agen perubahan. Dengan begitu, diharapkan program Indonesia Emas pada 2045 yang dicanangkan oleh pemerintah dapat terwujud.

"Bahwa Indonesia Emas, tergantung dari generasi-generasi sekarang ini, usia 15-20 tahun. Karena mereka adalah tulang punggung Indonesia ke depan," tandasnya. (JD12/ED01/EUD02) 

YOUR REACTION?