Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

berita.depok.go id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjelaskan amalan-amalan Ijtima’i atau cara manusia komunikasi dengan sesama secara sosial. Menurutnya, amalan yang dapat lakukan di bulan Ramadan di antaranya infak, zakat, baik zakat mal maupun zakat fitrah.

"Rasulullah SAW menjelaskan dalam termin pertama atau 10 hari pertama bulan Ramadan, rahmat Allah Swt akan turun ke muka bumi," tuturnya saat Tausiah Ramadan di hari keenam bulan puasa, Minggu (18/04/21).

Untuk mendapatkannya, ujar Mohammad Idris, Rasulullah SAW telah mengisyaratkan dalam hadisnya. Jika ingin mendapatkan rahmat Allah SWT, maka harus bersikap dan berperilaku kasih sayang kepada sesama.

"Rasulullah SAW bersabda, kasihilah sesama manusia, sesama hamba Allah, maka Allah SWT yang ada di langit akan memberikan rahmat kepada kalian," jelasnya.

Menurutnya, banyak sekali pekerjaan sosial dan ibadah yang bisa dilakukan. Termasuk bagi mereka yang bertugas melayani masyarakat.

"Misalnya, teman-teman yang bekerja melayani pembuatan KTP, pembuatan KK dengan tulus melayani masyarakat," katanya.

Dikatakannya, hal tersebut juga merupakan kebaikan-kebaikan dari ibadah sosial yang dengan ikhlas dilakukan. Maka akan mendapat rahmat Allah SWT, dan banyak lagi kegiatan lainnya.

Dirinya menuturkan, Rasulullah SAW juga bersabda senyum kepada saudara atau sesama adalah sedekah. Artinya kebaikan yang membuat orang lain senang, ceria dan bahagia juga bagian dari sedekah yang dianjurkan dalam Islam.

"Semoga kita bisa meningkatkan amalan sosial kita di bulan Ramadan ini. Dengan mengharap taufik dan hidayahNya agar kita untuk melangkah kepada kebaikan-kebaikan yang dianjurkan, khususnya di bulan Ramadan," tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?