Pelatihan desain grafis yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Depok, di Aula Sekarpeni, Rabu (04/03/20). (JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mendorong alumni peserta pelatihan desain grafis untuk membuka lapangan kerja baru atau berwirausaha. Hal ini sejalan dengan tujuan awal pelatihan ini yaitu membentuk pekerja yang mandiri.

“Nantinya Kota Depok akan memiliki gedung startup yang mana itu bisa menjadi salah satu fasilitas penunjang. Nah, peserta pelatihan ini kami siapkan untuk bisa membuka peluang usaha baru dan mandiri,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Disnaker Kota Depok, Epiyanti, disela kegiatan pelatihan desain grafis, di Sekarpeni, Rabu (04/03/20).

Diakuinya, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia dalam hal pemberian bantuan dan fasilitas. Serta merangkul beberapa komunitas bidang Informasi Teknologi (TI) agar bisa bersinergi.

“Intinya, kita bakal mendekatkan diri ke semua orang, perusahaan, lembaga, komunitas dan sebagainya, agar setelah pelatihan, mereka bisa mendapatkan tempat dan karyanya dapat diterima di dunia industri. Akan kita rumuskan bentuk kerjasamanya nanti,” terangnya.

Kendati demikian, tambah Epi, pihaknya tidak melarang alumni peserta pelatihan desain grafis untuk bekerja di sebuah perusahaan. Namun, sejak awal seleksi, telah ditekankan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membentuk wirausaha baru.

“Kami tidak melarang, peserta bekerja di perusahaan. Tapi dalam pelatihan ini mereka sudah diarahkan untuk menjadi wirausaha yang mandiri. Ke depan kami terus lakukan pendampingan dan evaluasi,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?