Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sidik Mulyono dan Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Fitriawan membuka secara resmi Pekan Koperasi Kota Depok Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) di Halaman Gedung Dekranasda Kota Depok, Senin (29/11/21). (JD01/EUD02)

berita.depok.go.id - Sejumlah kegiatan diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok untuk menunjukkan eksistensi koperasi. Salah satunya Pekan Koperasi 2021 yang digelar 29 November hingga 1 Desember 2021 di Balai Kota Depok.

Kepala Bidang Pengawasan Dan Bina Usaha DKUM Kota Depok, Andi Kuswandi mengatakan, gelaran ini dimeriahkan dengan beberapa kegiatan, mulai dari pameran UMKM koperasi Depok, bursa permodalan, dialog perkoperasian dan seminar. Setiap kegiatan tersebut digelar sebagai ajang promosi untuk koperasi di Kota Depok.

“DKUM memiliki 165 koperasi binaan. Maka acara ini untuk menggiatkan kembali keberadaan mereka dengan pameran produk, diskusi serta seminar. Semua itu tujuannya agar semakin mengembangkan produk koperasi, sehingga mampu mentrasformasi dari sisi kelembagaan maupun bidang usaha sesuai dengan tuntutan zaman,” katanya kepada berita.depok.go.id Senin (29/11/21).

Dikatakan Andi, untuk pameran UMKM diikuti oleh 10 koperasi yang bergerak di bidang produk UMKM. Misalnya, KSP Makmur dengan makanan kemasan dan batik, Koperasi Ummi Mawadah dengan produk makanan dimsum, bakso dan sebagainya.

“Untuk bursa modal juga didukung oleh beberapa perbankan seperti BJB, Mandiri, BTN, BRI dan BSI. Kemudian ada Baznas, Pegadaian dan Papitupi Syariah. Selama tiga hari juga pameran dan bursa modal  ini akan digelar,” katanya.

Lanjut dia, pada kegiatan dialog koperasi diisi oleh narasumber Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sidik Mulyono serta Ketua Dekopinda Teguh Prajitno. Kemudian, Seminar Perkoperasian juga mendatangkan narasumber dari Deputi Perkoperasian kementerian Koperasi dan UKM, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja sama IKOPIN serta International Cooperative Alliance pada Selasa (30/11) di lantai 10 Dibaleka 2. 

"Terakhir pada Rabu (1/12) akan ada podcast dari DKUM dan Ketua Dekopimda," tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

 

YOUR REACTION?