Forum Kota Depok Sehat (FKDS) mengadakan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Kota Depok Sehat  (SIMPOK) dan pendataan bagi Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Pokja Kelurahan Sehat di Ruang Sekretariat FKDS Gedung Dibaleka II, Selasa (09/11/21). (Foto: Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Forum Kota Depok Sehat (FKDS) mengadakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen Kota Depok Sehat (Simpok Sehat) selama dua hari yaitu 09 dan 11 November 2021. Pelatihan ini diikuti sebanyak 74 peserta yang merupakan para admin Simpok Sehat di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Wakil Ketua FKDS Kota Depok, Sukihananto mengatakan, pelatihan ini bertujuan membina atau melatih para admin Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat agar dapat mengelola Simpok Sehat. Dengan begitu, data-data dalam aplikasi tersebut dapat terus diperbarui.

"Dalam pelatihan ini peserta diberikan teori pemahaman tentang Simpok Sehat dan langsung mempraktekkan bagaimana memasukkan data-data ke dalamnya," kata Sukihananto kepada berita.depok.go.id, Kamis (11/11/21).

Menurut Sukihananto, meski para admin telah mengetahui Simpok Sehat, namun banyak wilayah yang tidak menginput laporan kegiatan tentang sembilan indikator tatanan Kota Sehat yang telah dilakukan. Padahal, data tersebut sangat diperlukan sebagai bahan evaluasi dan capaian Depok mewujudkan Kota Sehat.

Dijelaskannya, Simpok Sehat merupakan wadah aplikasi yang dibentuk FKDS sejak 2017. Di dalamnya menampilkan data setiap kegiatan yang telah dilakukan dengan mengggunakan tampilan peta yang interaktif.

"Kami sangat berharap para admin dapat aktif mengupdate data secara rutin setiap waktu, sehingga datanya bisa terlihat oleh semuanya," ucapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?