Koordinator Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Depok, Sidik Mulyono. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Rumah isolasi mandiri yang berlokasi di RT 03/RW 03 Kelurahan Pondok Cina (Pocin), Kecamatan Beji  memiliki berbagai program pemulihan bagi pasien Covid-19.  Selain pendampingan intensif dari tenaga kesehatan, pasien yang diisolasi di sini juga diperhatikan aspek mental dan spiritualnya.

Perwakilan dari Komunitas Barisan Bangun Negeri (BBN) sekaligus Penanggungjawab Rumah Teduh Sahabat Iin Jakarta, Mada mengatakan, dari sisi kesehatan, para pasien akan dipantau oleh tenaga medis dari UPTD Puskesmas Kemiri Muka dan BBN.  Juga ada program olahraga ringan dan berjemur. 

"Selain program yang menyentuh aspek kesehatan, kami juga mengadakan kegiatan yang bersifat pembangunan spiritual atau mental. Seperti bimbingan rohani," katanya kepada berita.depok.go.id, Jumat (23/10/20).

Menurut Mada, hal ini dinilai penting karena semakin kuat mentalitas pasien, peluang untuk sembuh juga bisa lebih besar.  Dirinya berpendapat, aspek mentalitas ini juga kerap membuat kondisi fisik pasien menurun atau drop.

Sementara itu, Koordinator Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Depok, Sidik Mulyono menambahkan, selain konsen dengan pasien Covid-19, di rumah singgah ini juga akan dibuat layanan terapi. Tujuannya, sebagai upaya menormalkan kesehatan metabolik masyarakat. 

"Jadi ini bukan hanya rumah singgah tapi juga sebagai rumah rujukan, membantu Puskesmas dalam penanganan Covid-19," tutupnya. (JD 07/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?