Kader Posyandu di Kelurahan Tugu saat memberikan Vitamin A kepada balita. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tugu turut menyukseskan Bulan Vitamin A yang dilaksanakan setiap Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaannya, sebanyak 9.510 balita usia 6 hingga 59 bulan di Kelurahan Tugu akan mendapatkan vitamin A.

Kepala Puskesmas Tugu, Madiana Sudebby mengatakan, vitamin A diberikan melalui Posyandu setempat. Pemberiannya langsung dilakukan oleh para kader di Posyandu.

“Vitamin A kami diberikan kepada balita melalui Posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya kepada  berita.depok.go.id, Kamis (13/08/20).

Madiana menuturkan, dalam pemberian vitamin A, ibu dan balita diminta untuk turut serta menerapkan protokol kesehatan. Tentunya dengan menggunakan masker dan menjaga jarak diri. 

Lebih lanjut, ucapnya, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, sambungnya, vitamin A ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” tambahnya.

Madiana pun berharap melalui pemberian vitamin A seluruh balita dapat tumbuh berkembang dengan optimal. Dengan begitu, mereka dapat terbebas dari berbagai penyakit.

"Serta juga meningkatkan status gizinya balita," pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?