Suasana penjurian  Lomba Pasanggiri tingkat SD yang diadakan secara virtual, di SDN 2 Beji Timur, Rabu 02/06). (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Sebanyak 854 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Depok mengikuti Lomba Pasanggiri tingkat kecamatan. Perlombaan dilakukan secara virtual.

Ketua Panitia Lomba Pasanggiri, Engkoy Rukoyah merinci, terdapat lima katagori mata lomba. Yaitu  kawih diikuti sebanyak 249 peserta, pupuh 148 peserta, biantara 119 peserta, maca sajak 242 peserta, dan ngadongeng 96 peserta.

“Nantinya juara pertama dan kedua yang akan menjadi wakil kecamatan untuk berlomba di Pasanggiri tingkat Kota Depok,” ujarnya, kepada berita.depok.go.id, Jumat (04/06/21).

Dirinya menjelaskan, para peserta yang mengikuti Lomba Pasanggiri adalah siswa kelas 3, 4, dan 5. Dengan mekanismenya yaitu siswa membuat video yang diunggah melalui Youtube dan linknya diberikan kepada panitia.

“Videonya mereka upload di Youtube, namun non publik. Jadi, yang bisa melihat hanya peserta itu sendiri dan kami panitia,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya lomba ini bisa lebih mengenalkan budaya Sunda di kalangan siswa di Kota Depok. Terutama, bagi siswa SD.

“Serta bisa melestarikan budaya Sunda, yang termasuk juga ada di mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok),” tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?