Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan. (Istimewa)

berita.depok.go.id- Sebanyak 60 koperasi di Kota Depok mendapat bantuan permodalan dari pemerintah pusat. Bantuan ini bertujuan untuk memulihkan kegiatan usaha koperasi yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan menjelaskan,terdapat tiga jenis koperasi yang mendapatkan bantuan. Yaitu koperasi usaha perdagangan, koperasi simpan pinjam, dan koperasi jasa angkutan.

“Koperasi usaha perdagangan sebanyak 23 unit, koperasi simpan pinjam 33 unit dan kemudian koperasi jasa angkutan empat unit,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (07/01/21).

Lanjut fitriawan, untuk koperasi usaha perdagangan mendapatkan bantuan senilai Rp 25 juta - Rp 100 juta tergantung luas area usaha. Kemudian koperasi simpan pinjam dan jasa angkutan sebesar Rp 20 juta - Rp 50 juta.

“Puluhan koperasi ini telah mengajukan proposal kepada DKUM dan dilanjutkan dengan proses seleksi administrasi dan survei. Koperasi yang terpilih merupakan koperasi yang aktif dan selalu menyelanggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di tahun-tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Dikatakannya, bantuan permodalan ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan oleh pemerintah pusat, dengan total Rp 1,9 miliar. Dana bantuan sudah disalurkan kepada koperasi pada akhir Desember lalu.

“Harapanya bantuan ini dapat menambah modal bagi koperasi. Kalau ada tambahan modal, otomatis aktivitas usaha bisa berjalan lebih baik lagi,” pungkasnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?