Puluhan ibu-ibu bersama Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kota Depok, Elly Farida berswafoto sebelum melakukan pemeriksaan IVA untuk mendeteksi kanker serviks, di UPT Puskesmas Cilodong, Senin (10/01/2020).

berita.depok.go.id – Sebanyak 50 warga Kelurahan Kalimulya dan Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong melakukan pemeriksaaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA test) yang diadakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas  (UPTD) Puskesmas Kalimulya. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kalimulya, Toni Hermawan mengatakan, IVA tes sangat dianjurkan bagi perempuan usia produktif. Hal ini dimaksudkan agar bisa mendeteksi kanker serviks dalam tubuh sejak dini.

“Semua orang berpotensi terkena kanker, namun tergantung daya tahan tubuhnya. Melalui pemeriksaan IVA di Puskesmas, masyarakat khususnya ibu-ibu sudah melakukan upaya deteksi dini terhadap kanker serviks,” kata Toni kepada berita.depok.go.id, usai kegiatan tersebut di UPTPuskesmas Cilodong, Senin (10/02/20).

Toni mengemukakan, pihaknya bekerjasama dengan UPT Puskesmas Cilodong dalam melakukan pemeriksaan IVA tersebut. Dengan menyiapkan sebanyak delapan tenaga medis dan dua ruang bersalin agar proses pemeriksaan berjalan lancar.

“Hasil pemeriksaan bisa langsung terlihat apakah terdeteksi kanker atau tidak. Kami sarankan agar perempuan usia produktif untuk rutin melakukan tes IVA enam bulan sekali,” tukas Toni.

Sementara itu, Neni , warga Kebon Duren, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, mengaku antusias mengikuti pemeriksaan IVA. Menurutnya, penyakit kanker serviks sangat rentan terhadap perempuan. Untuk itu, perlu dilakukan deteksi dini terhadap peredaran sel kanker tersebut.

“Awalnya pasti takut untuk periksa, tapi demi kesehatan dan kalaupun terdeteksi bisa langsung dicegah dari awal,” ucap Neni. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?