Lurah Pancoran Mas, Suganda memberikan peralatan menjahit kepada salah satu peserta pelatihan di LPK Amaya, Mampang, belum lama ini. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Sebanyak 50 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) mendapatkan pelatihan menjahit. Pelatihan yang diinisiasi oleh pihak kelurahan ini, sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat.

Lurah Pancoran Mas, Suganda mengatakan, pihaknya kini mulai memfasilitasi warganya yang memiliki bakat di bidang menjahit. Sebelumnya, dalam kegiatan tahunan, pihaknya selalu mengadakan pelatihan pengolahan makanan untuk UMKM yang bergerak di sektor kuliner.

"Pelatihan menjahit merupakan variasi baru, agar pelaku UMKM dapat terus mengasah keahliannya untuk membuat pakaian, tidak hanya olahan makanan lokal," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (03/06/21).

Dijelaskannya, pelatihan diadakan selama empat hari yaitu 31 Mei - 3 Juni 2021 di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Amaya, Kelurahan Mampang. Pesertanya terdiri dari laki-laki dan wanita.

"Jumlah peserta setiap harinya ditentukan hanya 17 orang. Sementara waktu pelatihan dari pagi sampai sore," ujarnya.

Dia menambahkan, selama mengikuti pelatihan, para peserta mendapat pembelajaran secara teori dan praktek. Mereka diajarkan membuat model baju lengan setali dengan tali pinggang.

"Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan pelaku usaha yang dapat bersaing dengan desainer lainnya," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?