Kepala SMPN 11 Kota Depok, Hudaya saat memantau pelaksanaan PTMT, Senin (04/10/21). Foto : (Diskominfo)

berita.depok.go.id - Hari pertama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMPN 11 Depok dikuti sebanyak 440 siswa. Seluruhnya merupakan siswa kelas VII dan terbagi dalam dua sesi pembelajaran.

Kepala SMPN 11 Depok, Hudaya mengatakan, siswa kelas VII terdiri dari 11 rombongan belajar (rombel). Tiap rombel terdiri dari 40 siswa. Dari jumlah 440 siswa, pihaknya membagi jadwal menjadi dua sesi pembelajaran.

"Pada sesi pertama diikuti oleh absen 1-20 di tiap kelas dilaksanakan dari pukul 07.00-09.00 WIB. Sesi dua diikuti oleh absen 21-40 dilaksanakan pada pada pukul 10.00-12.00 WIB" katanya kepada berita.depok.go.id saat kegiatan PTMT, Senin (04/10/21).

Lanjut dia, jarak sejam dari sesi satu dan dua, dimanfaatkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke ruang kelas serta area sekolah lainnya. Sementara itu, besok PTMT akan diikuti oleh kelas VIII dan lusa kelas IX dengan sistem pembelajaran sama, yaitu terbagi menjadi dua sesi.

"Jadi setiap tingkatan kelas sepekan masuk sekolah sebanyak dua kali," ucapnya.

Selain membagi jam pembelajaran, ujar dia, pihak sekolah juga telah menyediakan sejumlah fasilitas guna mendukung pembelajaran PTMT. Seperti, pengukur suhu, hansanitizer di tiap kelas dan tempat cuci tangan yang tersebar di sejumlah titik.

"Siswa kami yang sudah divaksin sudah mencapai 80,59 persen dari total 1.247 siswa. Yang belum divaksin karena belum mencapai usia 12 tahun dan belum lewat tiga bulan pasca positif Covid-19. InsyaAllah akhir tahun ini semuanya sudah divaksin," terangnya.

Sementara itu, Hubungan Masyarakat (Humas) SMPN 11 Depok, Saefudin YS menambahkan, terdapat perbedaan antara pembelajaran online dan offline. Pada pembelajaran online interaksi siswa dengan guru terbatas, sedangkan dengan pembelajaran offline interaksi dapat berjalan optimal.

Ia berharap, dengan PTMT yang dilakukan secara offline ini, interaksi antara guru dan siswa berjalan lebih optimal. Sebab, tugas guru bukan hanya mengajar melainkan juga membentuk karakter.

"Semoga dengan dilaksanakan PTMT ini, kami guru sebagai pendidik selain bertugas mengajar juga bertugas membentuk karakter siswa, baik sikap ataupun sosial," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

Pelaksanaan PTMT di SMPN 11 Kota Depok, Senin (04/10/21). Foto : (Diskominfo)

YOUR REACTION?