Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina membuka Workshop Penulisan Berita yang diadakan di  Aula Dinkes Depok, Selasa (11/02/2020). (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Sebanyak 38 petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kota Depok hari ini mengikuti Workshop Penulisan Berita. Kegiatan tersebut, sebagai bekal bagi mereka untuk turut mensosialisasikan kegiatan Puskesmas di masing-masing wilayah. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina mengatakan, puluhan peserta yang hadir tersebut merupakan operator Administrasi Kesehatan (Adminkes). Nantinya, informasi yang diolah menjadi berita, akan diunggah di website Dinkes Depok.   

“Kami berharap, semua petugas dapat menerima materi dengan baik dan dapat menuliskan berita kegiatan di puskesmas nantinya,” ucapnya di Aula Dinkes Depok, Selasa (11/02/20).

Selain pembekalan dalam hal menulis, sambung Rani, mereka juga akan mendapatkan sosialisasi terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kedua materi tersebut, disampaikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. 

Di tempat yang sama, Editor berita depok.go.id, Retno Yulianti  selaku pemateri menyampaikan teori dan trik menulis berita dengan mudah. Dirinya menekankan unsur 5W + 1 H, What (Apa), Who (Siapa), Where (Di mana), When (Kapan), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana).

Dirinya menambahkan, semua bahan yang didapatkan, ditulis dengan struktur model piramida terbalik dengan memprioritaskan informasi penting. Selanjutnya, body atau bagian tengah berisi uraian data, sementara bagian kaki atau bawah berita berisi deskripsi atau keterangan penguat dalam berita

"Dari sini, baru kita bisa menentukan judul yang menarik," pungkasnya. (JD 07/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?