Koordinator Pendamping Jabar Juara,  Said Mustofa saat membuka seminardi Gedung Balatkop, Sukmajaya, kemarin (04/11/20). (Istimewa).

berita.depok.go.id-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menggelar seminar tentang Cara Jitu Meningkatkan Omzet di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan yang diikuti oleh 30 pelaku UMKM ini,  diadakan di Gedung Balai Latihan Tenaga Koperasi (Balatkop), Sukmajaya, kemarin (03/11).

Koordinator Pendamping Jabar Juara, Said Mustofa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara Depok Virtual Expo 2020. Menurutnya, cara jitu untuk menaikan omzet di tengah pandemi yaitu dengan menentukan tiga kategori.

Pertama, ucapnya, pelaku UMKM harus tahu target atau sasaran dari produknya. Kedua, produk yang dimiliki harus menjadi solusi dari kebutuhan pelanggan.  Sementara kategori terakhir,  adalah cara pelaku usaha  mengomunikasikan solusi tersebut kepada pelanggan.

"Jika dari tiga kategori itu sudah dapat dipenuhi oleh suatu produk, maka bisa membantu menaikan omzet di tengah pandemi," ujarnya kepada berita.depok.go.id Rabu, (04/11/20).

Dia menuturkan, guna mendukung kegiatan ini, pihaknya juga menghadirkan pelaku UMKM yang berhasil meningkatkan omzet penjualan produknya sebagai narasumber. Dengan begitu, diharapkan bisa memotivasi para peserta dalam memaksimalkan penjualan produknya.

“Hari ini ada Ibu Dian, seorang pelaku UMKM yang omzetnya mengalami peningkatan di masa pandemi. Kemudian ada dr. Puti Retno Ali, Sekretaris Corporate dari PT Widodo Makmur. Dia berencana mengadakan kerjasama dengan pendamping UMKM untuk menyediakan bahan baku yang murah,” katanya.

Melalui seminar ini, dirinya juga berpesan kepada pelaku UMKM agar terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan terhadap pelanggan sehingga produk yang dihasilkan dapat diminati. Langkah ini juga bisa membuat usaha mikro di Kota Depok terus tumbuh, meski di masa pandemi.

“Saya rasa yang paling penting adalah sinergi antara teman-teman UMKM. Kita harus saling membangun dan mendukung menjadi besar bersama, bukan saling mengalahkan,” tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?