Calon peserta pelatihan kompetensi jalani seleksi yang dilakukan oleh BBPLK Bekasi, di ruang rapat Disnaker Kota Depok, Kamis (04/09/19). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id- Program pemagangan yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok untuk peserta pelatihan berdampak pada pengentasan pengangguran. Berdasarkan data yang ada, dari total 35 peserta yang mengikuti program tersebut di tahun 2019,  sepuluh diantaranya telah diterima bekerja.

“Menurut data yang kami himpun tahun lalu, dari 35 peserta yang dikirim untuk magang, 10 orang atau 30 persennya telah diterima bekerja di perusahaan tersebut. Seperti, perhotelan dan perbengkelan,” ujar Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Astuti, di ruang kerjanya, Jumat (31/01/20).

Diakuinya, selama mengikuti program pemagangan, peserta dinilai berdasarkan perilaku dan kinerja yang baik. Jika memiliki loyalitas yang tinggi serta menguasai bidang yang digeluti, maka ada kemungkinan diangkat sebagai karyawan tetap.

“Perusahaan pastinya melihat cara kerja mereka. Termasuk kedisiplinan, loyalitas, dan keuletan. Bila memenuhi kriteria yang ditentukan, maka mereka berkesempatan mengikuti seleksi lebih lanjut dari perusahaan,” terangnya.

Dirinya berharap, peserta yang telah mengikuti program pemagangan dan diterima bekerja di perusahaan, tidak hanya menjadi  pekerja yang terampil. Namun, bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Mudah-mudahan program ini bisa memberikan manfaat yang besar. Kami juga berharap, peserta yang sudah dilatih dan ikut program pemagangan tetapi belum berkesempatan berkarir, bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)

  

 

YOUR REACTION?