Ratusan pelajar di Depok yang mengikuti proses seleksi calon anggota Paskibraka Kota Depok tahun 2022. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Sebanyak 30 pelajar dinyatakan lolos dalam tahap seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Depok. Proses seleksi sudah dilakukan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Depok pada Minggu (20/03/22). 

Kepala Disporyata Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Tentunya dalam mempersiapkan anggota Paskibraka Kota Depok untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang,” tutur Dadan kepada berita.depok.go.id, Selasa (22/03/22). 

Dadan menyebutkan, para anggota Paskibraka pasti harus memiliki sikap disiplin dan kebersamaan yang tinggi. Selain itu juga kelompakan dalam menjalankan tugas sebagai Pasukan Pengibat Bendera Merah Putih. 

“Semoga nantinya para Paskibraka ini dapat menjalankan tugas secara optimal, sehingga pengibaran bendera berjalan dengan baik,” tambahnya. 

Sementara itu, Ketua PPI Kota Depok, Ridwan Malik mengatakan, sebelum terpilih 30 pelajar, terdapat 450 peserta yang mengikuti proses seleksi Paskibraka. Kemudian, disaring menjadi 105 peserta yang terdiri dari 50 putra dan 55 putri. 

“Seleksi akhir yang lolos 30 peserta terdiri dari 15 putra dan 15 putri yang akan bertugas pada HUT RI Ke-77,” ungkapnya. 

Ridwan menjelaskan, 30 peserta ini nantinya akan mengikuti serangkaian latihan hingga pelaksanaan upacara HUT RI. Selain juga persiapan untuk mengikuti seleksi Calon Paskibraka Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Mei 2022. 

“PPI Kota Depok bersama Disporyata akan mempersiapkan serangkaian kegiatan dan perwakilan Depok untuk seleksi di Jawa Barat,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?