Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Siti Chaerijah Aurijah.

berita.depok.go.id-Sebanyak 22 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) akan melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka penyelamatan arsip vital milik Pemeritah Kota (Pemkot) Depok. Pendampingan dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok agar mereka dapat maksimal membantu pemerintah mengelola arsip.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, sebanyak 22 mahasiswa FIB UI akan dibagi menjadi 11 kelompok. Kemudian, dalam satu hari akan ada dua kelompok yang bertugas selama jangka waktu dua hari. 

“Mereka bakal merapikan Arsip Vital Series Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Tahun 2010 yang dimiliki Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (13/07/20).

Dirinya menjelaskan, DPMPTSP sudah mengelompokkan arsip ini berdasarkan nomor dan kategori. Namun, cara penyimpanan dan daftar arsipnya masih belum sesuai standar serta belum dimasukkan ke dalam sistem.

“Nanti akan diverifikasi terlebih dahulu dengan daftar arsip yang dimiliki oleh DPMPTSP,” ujarnya.

Siti menambahkan, setelah itu, arsip akan dikelompokan kembali berdasarkan dua kategori dan nomor IMB. Setelah itu, sambungnya, dibuatkan daftar arsip dan diinput ke dalam sistem. 

“Mahasiswa akan mengelompokkan arsip dalam dua kategori. Yaitu izin rumah tinggal dan izin usaha. Selanjutnya akan dibuatkan daftar arsipnya dan diinput ke dalam sistem yang dimiliki oleh DPMPTSP,” pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?