Ratusan pemuka agama di Depok mengikuti pembinaan keagamaan yang diadakan Setda Kota Depok,  di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (05/02/20). (Foto : Diskominfo) 

berita.depok.go.id-Sebanyak 210 pemuka agama mendapatkan bimbingan terkait sinergisitas pembinaan keagamaan di lingkungan masyarakat. Kegiatan yang diinisiasi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok ini bertujuan meningkatkan kualitas pembimbing rohani dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. 

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setda Depok, Eka Firdaus mengharapkan, para peserta dapat mewujudkan kerukunan beragama di lingkungan masing-masing. Dengan demikian, upaya ini berdampak positif terhadap meningkatnya aspek religiusitas warga Kota Depok.  

"Peserta berasal dari beragam agama.  Yaitu Islam sebanyak 184 orang, Kristen Katolik dan Protestan sebanyak 23 orang,  Hindu sebanyak 2 orang,  dan ada seorang yang mewakili dari Konghuchu," katanya di Hotel Bumi wiyata Depok,  Rabu (05/02/20).

Dalam kegiatan tersebut, ujarnya, para peserta dibekali sejumlah materi dari para pakarnya. Antara lain dari Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Asnawi yang membahas kiat-kiat mewujudkan lingkungan yang kondusif dalam keberagaman, serta dibahas juga materi Ketahanan Keluarga oleh Ketua Tim Penggerak (TP) pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, oleh Elly Farida. 

Lebih lanjut, ucap Eka, ke depannya para peserta tersebut bertugas membimbing masyarakat tentang kerukunan antar sesama agama dan umat beragama lainnya. Dia menambahkan, pembinaan dari Setda Depok ini adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan sejak 2017.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah dengan para pemuka agama," tutupnya.  (JD07/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?