Proses sidang tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di Pasar Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kamis (04/08/22). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Kota Depok menggelar sidang tera terhadap Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di Pasar Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Kegiatan yang berlangsung selama 2-4 Agustus tersebut, berhasil menera ulang sebanyak 203 alat ukur.

Pengamat Tera UPTD Metrologi Kota Depok, Mujihad menjelaskan, 203 UTTP yang ditera ulang berasal dari 42 pelaku usaha. Terdiri dari pedagang sayur, pedagang buah, pedagang ikan, pedagang ayam, pedagang daging, hingga pedagang emas.

"Kurang lebih 90 persen pedagang Pasar Depok Jaya alat UTTP-nya kami tera ulang," jelasnya kepada berita.depok.go.id, ketika kegiatan berlangsung, Kamis (04/08/22).

Mujihad menyebut, dari ratusan UTTP yang ditera ulang sebagian besar kondisinya layak pakai karena masih di atas batas toleransi. Namun, sekitar 10 anak timbangan dan lima alat timbang harus dibubuhi cap tanda batal karena sudah tidak layak pakai.

"Kami imbau kepada pemilik agar alat UTTP itu jangan digunakan lagi dan harus diganti," ujar.

Dikatakannya, UPTD Metrologi akan terus roadshow menera ulang UTTP yang digunakan pelaku usaha di pasar. Selain itu, pihaknya juga mulai melakukan tera ulang terhadap alat timbangan di Posyandu.

"Tidak hanya pasar milik Pemerintah Kota Depok, tapi juga pasar swasta, apotek, SPBU juga kami tera ulang alat UTTP-nya," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?