Ratusan guru PAUD di Depok dibekali seminar terkait teknik mengajar kreatif di Aula Teratai di Kantor Wali Kota Depok, Senin (27/01/20). (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Sebanyak 170 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan pembekalan terkait teknik mengajar kreatif. Seminar ini, digelar guna meningkatkan kompetensi pengajar PAUD agar proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung inovatif demi mewujudkan merdeka belajar anak usia dini. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Mohammad Thamrin merespons positif pelatihan ini. Dirinya menginginkan agar anak-anak bisa mengenyam pendidikan sejak dini dengan cara pembelajaran yang menyenangkan. 

"Merdeka belajar bukan berarti memberikan kebebasan pada anak, tetapi menyesuaikan sesuai koridor setiap jenjang pendidikannya. Selama ini anak-anak PAUD diajarkan cara menulis dan membaca, namun itu kurang sesuai dengan perkembangan mereka," katanya di Balai Kota Depok, Senin (27/01/20). 

Dikatakannya, fokus PAUD itu lebih pada pengembangan minat dan bakat anak. Selanjutnya, mereka juga diberikan kebebasan untuk memilih hal yang disukai. 

"Termasuk, kuat dalam pengembangan karakter, di antaranya berani tampil di depan banyak orang, jujur, dan menghargai temannya," tuturnya.

Dia menerangkan, para peserta yang hadir berasal dari Pusat Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Beji, Cilodong, dan Cinere. Pembiayaan acara ini, imbuhnya, dilaksanakan secara swadaya. 

"Materinya kita yang tentukan, pembicara juga didatangkan yang memiliki sertifikat nasional. Mudah-mudahan ilmu yang didapatkan peserta dapat bermanfaat dan dilaksanakan di masing-masing satuan PAUD," pungkasnya. (JD 07/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?