Petugas medis UPTD Puskesmas Pancoran Mas melakukan rapid test kepada warga di TK Bunga Bangsa Jalan Cagar Alam, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Jumat (22/05/2020). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id – Sebanyak 160 warga di Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) hari ini mengikuti rapid test virus Corona atau Covid-19 yang diadakan oleh Unit PelaksanaTeknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi warga yang terpapar Covid-19 sejak dini. 

“Target hari ini 160 orang mengikuti rapid test di wilayah Kelurahan Pancoran Mas,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Pancoran Mas, Sih Mahayanti kepada  berita.depok.go.id, Jumat (22/05/20). 

Dikatakannya, pelaksanaan rapid test  dimulai pukul 09.00 WIB dengan melibatkan sebanyak 18 tenaga medis. Hasil pemeriksaan nantinya disampaikan kepada setiap peserta melalui aplikasi Whatsapp.

“Mudah-mudahan hasilnya semua non reaktif,” jelas Sih.

Di lokasi yang sama, Lurah Pancoran Mas Suganda menuturkan, pihaknya menyambut baik adanya pelaksanaan rapid test untuk warganya. Sebab, menurut Suganda, kelurahannya merupakan salah satu wilayah padat penduduk di Kota Depok.

“Dengan adanya rapid test ini kami jadi tahu sejauh mana penyebaran Covid-19 di wilayah Pancoran Mas, sehingga kami dapat mengambil langkah  penanganan yang tepat,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan serupa dapat dilakukan  di wilayah lainnya. Dengan demikian, pemeriksaan tersebut dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 

“Mudah-mudahan ada rapid test tahap dua, tiga dan seterusnya. Dengan begitu penyebaran Covid-19 dapat ditekan sedini mungkin,” pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?