Belasan warga binaan P2WKSS Kelurahan Depok mengikuti pelatihan menjahit di Transmart Depok, Jumat (16/10/20). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Sebanyak 15 warga binaan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di RW 03, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas telah selesai mengikuti pelatihan menjahit gelombang pertama. Kegiatan yang diinisiasi Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok ini, bertujuan meningkatkan kemampuan warga binaan agar dapat berdayaguna.

"Pelatihan menjahit merupakan usulan dari para warga binaan karena dianggap berpotensi menambah penghasilan keluarga," ujar Kepala Bidang Perindustrian, Disperdagin Kota Depok, Martinho Vaz saat ditemui di lokasi pelatihan di Transmart Depok, Jumat (16/10/20).

Dijelaskannya, pelatihan menjahit terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama telah dilaksanakan sejak 11-16 Oktober 2020, sedangkan gelombang kedua akan dimulai 19-24 Oktober mendatang.

"Kami mengikuti protokol kesehatan sehingga harus dibagi pesertanya. Mulai lagi pekan depan dengan jumlah yang sama," jelasnya.

Martin berharap, setelah pelatihan ini, peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Misalnya, dengan membuka tempat menjahit.

"Paling tidak mereka bisa mandiri, karena dari hasil pelatihan selama sepekan ini sangat baik," harapnya.

Di tempat yang sama, narasumber utama Kursus Menjahit Melati, Efril menjabarkan, selama satu pekan, terdapat berbagai materi yang diajarkan. Mulai dari pengenalan alat mesin jahit, cara mengukur, pembuatan pola hingga desain model.

"Mereka sudah bisa menghasilkan baju, celana, dan masker kain. Alhamdulillah, antusias mereka sangat tinggi untuk belajar," tutupnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?