Lurah Mampang, Darmawansyah bersama petugas Puskesmas tengah memberikan imunisasi kepada balita di Posyandu Bougenville RW 11, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (02/08/22). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang turut menyukseskan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022. Sebanyak 1.262 bayi dan balita menjadi sasaran mendapatkan imunisasi.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari menjelaskan, BIAN adalah kegiatan pemberian imunisasi tambahan campak-rubella dan imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Manfaat dari imunisasi ini agar anak terlindungi dari penyakit menular berbahaya seperti Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B, Campak, dan Rubella.

"Kegiatan BIAN serentak dilaksanakan di 18 Posyandu di Kelurahan Mampang selama Agustus 2022," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (02/08/22).

Naweng menuturkan, sasaran imunisasi BIAN adalah anak usia 9 - 59 bulan pemberian imunisasi tambahan campak-rubella. Termasuk, imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 hingga 59 bulan.

Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah Vaksin Campak-Rubela, Vaksin Polio (OPV dan IPV), dan Vaksin Pentavalent (DPT-HB-Hib). Semua vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi WHO dan izin edar dari Badan POM dan efektif untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

"Kami berharap para orang tua juga mendukung dan menyukseskan BIAN 2022 dengan membawa anaknya ke Posyandu," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?