Pemberian Vitamin A oleh kader posyandu di wilayah Kecamatan Cinere. (Foto : istimewa)

berita.depok.go.id-Sebanyak 10.400 bayi dan balita menjadi sasaran pemberian vitamin A di Kecamatan Cinere. Mereka berusia dari 6 hingga 59 bulan, yang berasal dari 45 posyandu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cinere, Siti Muhimatul menuturkan, jumlah bayi dan balita tersebut berasal dari empat kelurahan yang ada di Kecamatan Cinere. Antara lain Kelurahan Gandul, Kelurahan Cinere, Kelurahan Pangkalan Jati dan Kelurahan Pangkalan Jati Baru.

"Wilayah kerja kami mencakup empat kelurahan jadi target sasarannya juga besar mencapai 10.400 bayi dan balita," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (27/08/21).

Muhimatul menjelaskan, untuk pola pemberian sesuai dengan kesepakatan saat zoom meeting dengan Ketua Posyandu se-Kecamatan Cinere. Yaitu pelaksanaan dilakukan secara berkelompok atau dibuatkan jadwal berdasarkan RT di wilayah posyandu.

"Itu kami lakukan sebagai upaya mengurangi kerumunan dan mencegah terjadinya penularan Covid-19," terangnya.

Dikatakannya, untuk memaksimalkan pemberian, pihaknya juga melakukan sweeping secara door to door atau dari rumah ke rumah. Sementara itu, untuk jumlah vitamin A yang sudah diberikan, pihaknya masih menunggu laporan dari posyandu.

Ia menambahkan, jika orang tua ataupun bayi dan balita sedang sakit sebaiknya tidak hadir ke posyandu. Selain itu untuk petugas ataupun balita yang hadir di posyandu wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk petugas, balita dan yang mengantar harus menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Lalu setelah selesai di posyandu sebaiknya langsung pulang saja," tutupnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?