Pengumuman Kota Depok sebagai Juara 3 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dalam Musrenbang Provinsi Jabar secara virtual (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Kota Depok berhasil menyabet juara tiga dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kualifikasi Juara Kota Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Melalui inovasi portal Smart Healthy City, Kota Depok menerapkan integrasi berbagai layanan kesehatan.

Menurut Kepala Bidang Program Pembangunan Bappeda Kota Depok, Reni Siti Nuraeni, portal tersebut sangat berguna terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. portal Smart Healthy City dapat membantu mempercepat pelayanan kesehatan ke masyarakat. 

“Dengan begitu, dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan perencanaan dan mengevaluasi pelayanan di bidang kesehatan,” jelas Reni, sapaan akrabnya di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dikatakannya, PPD merupakan salah satu bentuk evaluasi untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Untuk bahan evaluasi, ujarnya, terdiri dari dokumen perencanaan termasuk indikator kinerja dan implementasinya.

“Tidak kalah penting, penilaian inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan pencapaian target-target kinerja,” katanya.

Selain itu, ucapnya, dalam PPD, Kota Depok dinilai secara bertahap. Di antaranya penyampaian dokumen perencaan dan proposal inovasi, verifikasi dan kunjungan lapangan, presentasi dan wawancara. 

“Alhamdulillah, semua sudah dilewati. Kota Depok berhasil meraih juara ketiga. Tentu saja ini sangat membanggakan sekali. Semoga tahun depan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” tandasnya. (JD 06/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?