Rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Pemkot Depok membahas penanganan banjir dan pembangunan infrastruktur. (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memanfaatkan kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) untuk memperkuat koordinasi pembangunan infrastruktur. Pada tahun 2020 ini, total kegiatan yang dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar senilai Rp 1 triliun.

"Kalau dari surat berbicara terkait masalah banjir. Tetapi kita juga membuka pintu untuk usulan bidang infrastruktur yang menjadi kewenangan provinsi," kata Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono usai kunker di Balai Kota Depok, Selasa (21/01/20).

Dikatakannya, tahun ini total anggaran untuk mengintervensi kegiatan pembangunan di Kota Depok senilai Rp 1 triliun. Jumlah tersebut, antara lain digunakan pembangunan Underpass di Jalan Dewi Sartika, SMA Negeri (SMAN) 14 Depok, dan penanganan permasalahan sampah.

"Namun untuk kewenangan Kota Depok, mereka mengusulkan Rp 77,9 miliar ke Pemprov Jabar, untuk penanganan bencana," tuturnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna bersyukur atas kunjungan dari anggota dewan tersebut. Silaturahmi tersebut dinilai sebagai momentum positif untuk mengusulkan berbagai aspirasi pembangunan di Kota Depok. 

"Alhamdulillah, kegiatan ini dihadiri langsung oleh sejumlah pimpinan Perangkat Daerah (PD) terkait. Seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), atau Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim). 

Selain membahas infrastruktur tahun 2020, pihaknya juga mengajukan sebanyak 23 program untuk direalisasi pada tahun 2021. Seperti penataan lanjutan Jalan Juanda-Cinere atau Etalase  Kota, khususnya di Margonda Raya, sehingga lebih nyaman untuk pejalan kaki, sanitasi, dan pedestrian. 

"Bukan hanya membahas penanganan banjir saja. Termasuk juga membicarakan terkait usulan-usulan kegiatan yang menjadi tupoksi mereka," pungkasnya. (JD 07/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?