Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani, (nomer kedua dari kanan) (Foto: Istimewa)


berita.depok.go.id-Kota Depok menjadi salah satu wilayah yang akan mendapatkan bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) untuk pembangunan di tahun 2020 dan 2021. Beberapa pembangunan strategis bakal menjadi prioritas di Kota Sejuta Maulid ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, tahun ini, bantuan Gubernur Jabar Ridwan Kamil kurang lebih senilai Rp 70 miliar. Anggaran tersebut di antaranya untuk pembangunan Pasar Sawangan Baru yang terletak di Sawangan Permai, revitalisasi Situ Cilodong, Jaminan Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Selain itu, pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kota Depok, dan insentif tenaga medis.

"Untuk BPJS Kesehatan PBI melalui bantuan keuangan (Bankeu), 40 persen bersumber dari Bankeu Pemprov Jabar. Sisanya 60 persen dari APBD Depok," kata Wid, sapaan akrabnya, kepada  berita.depok.go.id, di ruang kerjanya, Jumat (14/02/20).

Sedangkan pelaksanaan Underpass Dewi Sartika untuk tahun 2020, dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jabar. Pembangunan tersebut menyedot anggaran sebesar kurang lebih Rp 56 miliar. Kemudian, lanjutnya, pembebasan lahan dianggarkan melalui APBD Kota Depok.

Untuk tahun 2021, katanya, Pemkot Depok mengusulkan beberapa program strategis guna mendukung Pemprov Jabar. Usulan program yang diajukan antara lain terkait bidang pendidikan, kesehatan, konektivitas wilayah, perekonomian.

Sedangkan program untuk Kota Depok adalah penanganan banjir. Serta penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan Alun-alun untuk wilayah barat Kota Depok.

“Tahun 2021 Depok juga akan dapat Creative Center. Perencanaan sudah dilakukan sejak tahun 2019. Sedangkan DED sudah disusun tahun 2020 oleh provinsi, lalu rencana pembangunannya pada 2021 di sekitar Jalan Merdeka, Sukmajaya,” tandasnya. (JD 06/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?