Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Foto: Diskominfo)


berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok selalu memprioritaskan pemerataan pembangunan demi peningkatan ekonomi. Karena itu, Pemkot berencana untuk menjadikan wilayah barat yaitu Kecamatan Bojongsari menjadi etalase kedua Kota Depok setelah kawasan Margonda Raya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemkot Depok berupaya membangun infrastruktur di wilayah timur dan barat. Menurutnya, nantinya seluruh kawasan memiliki kesempatan sama untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. Terlebih, infrastruktur yang mumpuni dapat menarik investor ke Kota Sejuta Maulid ini.

“Kami melakukan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah, yang paling mungkin di intervensi dari sisi ekonomi dan pertumbuhan pembangunan wilayah salah satunya Bojongsari, selain kawasan Margonda,” tutur Mohammad Idris usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bojongsari, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, tantangan yang dirasakan Pemkot Depok untuk membuat sentra perekonomian wilayah barat yakni belum didapatnya pagu anggaran untuk pembangunan Jalan Raya Sawangan. Alhasil, Pemkot Depok akan berupaya memasukkan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa pembangunan monorel atau sarana transportasi berbasis rel.

“Pengajuan transportasi berbasis rel ini dibutuhkan karena memang visible studies untuk ini (monorel). Kini sudah dimasukkkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk diusulkan PSN dan Peraturan Presiden (Perpres),” jelasnya.

Selanjutnya, sambung Mohammad Idris, pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan mengusahakan monorel yang tidak melewati Jalan Raya Sawangan. Tetapi dengan rute Pondok Cina - Bojongsari. Ini akan menjadi zona pertama untuk menghubungkan antar wilayah.

“Kita menyasar Kecamatan Bojongsari karena Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) bagus mencapai angka 8. Bahkan melebihi Depok yang baru 7,2. Tentu ini tidak lepas dari geliat UMKM yang ada di Bojongsari," tuturnya.

Untuk itu, ujarnya, Pemkot Depok akan terus mendorong rencana tersebut. Sebab, jika sudah didukung oleh sarana infrastruktur yang baik, diharapkan akan banyak mendatangkan investor ke Kota Depok.

"Kalau semua sudah mendukung, termasuk sarana jalan, kita berharap investor akan lebih banyak berdatangan,” tandasnya. (JD 06/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?