Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pembangunan Underpass Dewi Sartika Mulai Juli 2020

JD 03 - berita depok
Selasa, 18 Februari 2020, 23:22 WIB

Suasana pertemuan Pemkot Depok dan Pemprov Jabar terkait pembangunan underpass  Dewi Sartika. (Foto: JD03/diskominfo) 

berita.depok.go.id-  Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) hari ini melakukan pertemuan terkait rencana pembangunan underpass  di Jalan Dewi Sartika. Dalam pertemuan itu, disepakati pembangunannya akan dilaksanakan di bulan Juli 2020 setelah penyelesaian pembebasan lahan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, dalam pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan mengenai pembuatan Surat Keputusan Penetapan Lokasi (SKPL). Semua itu dimaksudkan agar pembebasan lahan untuk underpass bisa segera dilakukan. 

 

“Kami  juga meminta hasil Detail Engineering Design (DED) supaya perangkat daerah terkait bisa segera merancang kebijakan mengenai pengadaan lahan. Serta  melakukan pematokan tanah yang akan dibebaskan,” ujarnya kepada  berita.depok.go.id, usai acara Ekspose Underpass Dewi Sartika di Aula Edelweis, lantai 5, Balai Kota Depok, Selasa (18/02/20).

Dikatakan Mohammad Idris, rencananya  pembangunan underpass Dewi Sartika terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama mulai Juli tahun ini dengan total anggaran sebesar Rp 56 miliar dan tahap kedua di awal 2021 dengan anggaran Rp 54 miliar. 

"Sesuai dengan hasil DED yang dibuat oleh Pemprov Jabar, pembangunan akan berlangsung selama 14 bulan. Sementara yang akan melakukan pembangunan adalah Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBP) Jabar ,” katanya.

 Dirinya menambahkan, pada pembangunan tahap pertama, pengerjaan yang dilakukan berupa bagian depan jalan (frontage), dinding turap (sheet pile), relokasi saluran irigasi, drainase dan trotoar. Sementara tahap kedua adalah pembangunan terowongan di bawah jalur kereta api.

“Saat pengerjaan tahap satu pun jalan tidak akan ditutup karena pihak Dishub Depok sudah mempersiapkan dengan baik rekayasa lalu lintasnya. Mudah-memudahan dengan kerjasama kolaboratif ini, pembangunan Underpass Dewi Sartika dapat berjalan lancar,” tandasnya. (JD 03/ED 01/EUD 02)