Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

PEKKA Sawangan Baru Diberi Pembinaan Agar Mandiri

JD10 - berita depok
Rabu, 5 Oktober 2022, 19:53 WIB
Suasana Pembinaan PEKKA di Kelurahan Sawangan Baru. Peserta diajarkan membuat anyaman. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan mengelar pembinaan kepada kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) agar lebih berkualitas dan mandiri dibidang ekonomi, Selasa (04/10) kemarin. Pelatihan diikuti oleh 25 peserta.

"Pembinaan dikhususkan bagi ibu-ibu yang tidak memiliki suami. Agar dapat menjalani kehidupan sebagai kepala keluarga untuk mencukupi kehidupannya," ujar Lurah Sawangan Baru, Rahwana kepada berita.depok.go.id, Rabu (05/10/22).

Dirinya menjelaskan, upaya pembinaan PEKKA ini dilakukan secara terstruktur, untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam hal akses. Yaitu partisipasi, kontrol dan manfaat dalam pembangunan, penguasaan sumber daya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan peningkatan peran perempuan.

"Selain itu juga untuk menciptakan ketahanan keluarga bagi perempuan selaku kepala keluarganya," ujarnya.

Dikatakannya, pembinaan dilaksanakan selama dua hari, 4 - 5 Oktober 2022. Dengan menghadirkan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan Dan Pengarusutamaan Gender (PPUG) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dina Ratna Kartika sebagai narasumber.

"Hari pertama peserta diberikan pemahaman tentang apa itu PEKKA. Hari kedua peserta dilakukan praktik anyaman dengan harapan dari praktik yang diberikan nantinya dapat menjadi bekal yang berguna bagi peserta yang hadir sebagai sesuatu yang memilki nilai jual. Dengan harapan dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka,” tutupnya. (JD 10/ED 02/EUD02)