Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pastikan Aman, Dinkes Depok Lakukan Pengawasan Jajanan Takjil

JD 02 - berita depok
Rabu, 3 April 2024, 13:03 WIB
Tim Dinkes Kota Depok saat melakukan pembinaan dan pengawasan makanan takjil Ramadan disalah satu wilayah di Kota Depok, beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumentasi Dinkes Depok).

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan pembinaan dan pengawasan makanan takjil Ramadan disejumlah wilayah di Kota Depok. Pengawasan telah dilakukan pada delapan lokasi sejak 25 Maret 2024 lalu.

Adapun lokasi yang sudah dikunjungi antara lain pedagang di Perumahan Permata Depok, Jembatan Serong Cipayung, Depan Komplek Timah, Mekarsari. Kemudian pedagang di Taman Merdeka, Perumahan Pondok Sukmajaya, Setu Cilodong dan sekitar Grand Depok City (GDC).

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, pengawasan takjil Ramadan dilakukan dengan melakukan metode komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE). Serta pemeriksaan kandungan berbahaya pada pangan berisiko.

“Kami lakukan pemeriksaan formalin pada mi kuning basah, boraks pada bakso, methanio tallow pada pangan berwarna kuning maupun rhodamin pada pada pangan berwarna merah,” tuturnya kepada berita.depok.goi.id, Rabu (04/03/24).

Mary menjelaskan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan ditemukan mie kuning basah yang mengandung formalin. Penjual menyatakan bahwa mie kuning basah tersebut dibeli dari supplier dan produsen yang bukan berasal dari wilayah Kota Depok.

Selanjutnya, tambah Mary, pihaknya meminta agar bahan makanan yang mengandung zat berbahaya untuk tidak dipakai atau dijual. Selain itu juga memberikan edukasi kepada pedagang pangan berisiko untuk melakukan pemilihan bahan pangan dengan bijak. 

"Tentunya tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan penjual," ungkapnya. 

“Jadi harus lebih cermat dalam memilih bahan makanan, jangan karena murah saja tetapi dilihat kualitasnya,” tutupnya. (JD 02/ ED 01).