Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pangkalan Jati Sosialisasikan Penanganan Tuberkulosis

JD10 - berita depok
Jumat, 17 Maret 2023, 19:05 WIB
Peserta Sosialisasi foto bersama narsumber usai kegiatan. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret, Kelurahan Pangkalan Jati menggelar sosialisasi penanganan TB di aula Kantor Kelurahan. Selama dua hari, 15-16 Maret warga dan pengidap TB melakukan senam setiap pagi.

Lurah Pangkalan Jati, Tarmuji mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya pihaknya bersama stakeholder dalam menenekan angka penderita TB di Pangkalan Jati. Yakni dengan memberikan kesadaran tentang bahaya penyakit TB, sehingga warga menjadi lebih waspada.

"Memang masih ada penderita TB di sini dan tersebar, tapi lambat laun banyak juga yang sembuh. Kami ingin adan peningkatan kembali yang sembuh," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (17/03/23).

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Pangkalan Jati, Devi Nuryadini Ratnasari menambahkan, penyelenggaraan sosialisasi dan skrining TB merupakan salah satu realisasi program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dalam menanggulangi penyakit TB.

Diikuti 50 peserta yang terdiri dari para penderita dan mantan penderita TB, pengurus lingkungan serta sejumlah stakeholder.

"Sosialisasi diisi oleh narasumber dari Dinkes Kota Depok untuk menyampaikan materi tentang TB. Yaitu Dokter Bela Dwiyanti, Dokter Supartini dan Dokter Asmarani Hartaningsih," tuturnya.

Dirinya menambahkan, setelah sosialisasi ini akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Kampung Peduli TB. RW 06 rencananya akan menjadi lokasi Kampung Peduli TB.

"Semoga sosialisasi dan skrining TB mampu menjadi ajang pencerahan dan mengedukasi masyarakat terkait teknis penanggulangan penyakit TB," tandasnya. (JD 10/ED 02/EUD03)