Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Panen Ikan di Jatijajar, Bang Imam Ajak Warga Kembangkan Pertanian Perkotaan

JD09 - berita depok
Rabu, 21 September 2022, 22:40 WIB

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono memanen ikan konsumsi di area praktik pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Kelurahan Jatijajar. Kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjaga ketahan pangan, khususnya dalam skala rumah tangga.


Di area praktik tersebut, Bang Imam bersama Camat Tapos, Abdul Mutolib dan Kelompok Tani Lele Jati memanen 45 kilogram ikan lele dari 600 ekor benih yang ditebar. Selain lele, juga terdapat ikan nila yang masih dalam tahap pembesaran.


"Ini hebat, bisa ada pertanian di tengah perkotaan. Nanti dari sini bisa dikembangkan lagi, bisa ayam petelur ataupun lebah trigona," berita.depok.go.id, Rabu (21/09/22).


Untuk itu, Bang Imam mengajak kepada seluruh komponen yang ada di Kota Depok ikut berpartisipasi dalam mengembangkan pertanian perkotaan. Pertama, warga yang memiliki lahan dapat berkolaborasi dengan petani agar lahannya bisa lebih dioptimalkan menjadi lahan pertanian perkotaan.


"Lalu yang kedua, para pebisnis dapat menyiapkan bibit-bibit untuk warga (kelompok tani), yang ketiga, para teknisi dapat membantu dengan keilmuannya membuat suatu teknologi yang dapat digunakan oleh pertanian perkotaan," ungkapnya.


Di tempat yang sama, Camat Tapos, Abdul Mutolib mengatakan, dengan kegiatan panen ini membuktikan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Jatijajar berjalan dengan baik. Bahkan, menurutnya, kegiatan ini tidak berhenti setelah panen, namun akan diteruskan.


"Semoga dengan kehadiran pak Wakil di sini dapat menambah semangat dan gairah temen-temen peserta pelatihan P2L dalam bertani," harapnya.


Di tempat yang sama, Lurah Jatijajar, Mujahidin menambahkan, dengan kegiatan P2L yang sudah dilaksanakan dapat menopang ketersediaan bahan pangan bagi warga masyarakat. Selain itu, lahan yang ada di masyarakat dapat dimanfaatkan, baik lahan dihalaman ataupun lahan yang tersedia.


Lanjutnya, kegiatan ini juga dapat menambah ilmu pengetahuan dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga terdampak Covid-19. Terakhir, ia berharap dapat menjadi tambahan penghasilan bagi warga masyarakat Jatijajar.


"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini menjadikan masyarakat lebih tangguh lagi dalam menghadapi kelangkaan pangan. Sebab sudah tersedianya bahan pangan di area pekarangan mereka," pungkasnya. (JD09/ED02/EUD02)