Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pakai Pakaian Adat Kota Depok, Warga RW 01 Kampung Rawageni Gelar Upacara HUT ke-77 RI

JD 08 - berita depok
Rabu, 17 Agustus 2022, 18:27 WIB

berita.depok.go.id - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Warga RW 01, Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, menggelar upacara dengan menggunakan pakaian adat khas Kota Depok. Pakaian yang dikenakan yaitu kebaya encim dan pangsi yang khas Depok. Upacara dilaksanakan dengan khidmat oleh para peserta.

Ketua RW 01 Kampung Rawageni Kelurahan Ratujaya, Jaelani mengatakan, ide mengenakan pakaian adat dalam upacara HUT ke-77 RI ini sebagai upaya untuk membudidayakan kebudayaan lokal.

"Upacara HUT Kemerdekaan RI diikuti anak-anak, remaja hingga dewasa yang mengenakan baju pangsi dan kebaya encim. Tujuannya untuk mengenalkan pakaian adat khas Depok semenjak dini. Jangan terpengaruh dengan budaya luar khususnya bagi anak-anak agar tetap mengedepankan budaya lokal," tutur Jaelani usai memimpin upacara HUT RI, Rabu (17/08/22).

Lebih lanjut, ujar Jaelani, tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat pada HUT ke-77 RI, dimaknai dirinya sebagai panggilan untuk melewati setiap fase tantangan dengan penuh optimisme.

"Jika merefleksikan kesadaran diri dan kesadaran sosial menjadi cambuk bagi lingkungan RW 01 Kampung Rawageni untuk dapat menghadapi tantangan dengan mengoptimalkan semua sistem penggerak lingkungan," ujarnya.

Tentu, lanjutnya, agar tetap dapat menggali setiap potensi wilayahnya guna menumbuhkan keberlanjutan pembangunan.

"Untuk mewujudkan visi RW 01 yang bersih, aman dan nyaman dan melakukan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan, RW01 saat ini telah berhasil menyelesaiakan beberapa program kerja. Salah satunya, pelebaran jalan secara swadaya masyarakat," pungkasnya. (JD08/ED02/EUD02)