Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Milad ke-22, KOOD Gelar Tasyakuran dan Lomba Qasidah

JD 05 - berita depok
Kamis, 29 September 2022, 14:51 WIB
News

berita.depok.go.id - Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) kini berusia 22 tahun. Sebagai wujud syukur, KOOD menggelar tasyakuran dan Parade Mawalan Bergengsi dalam rangka merayakan hari jadi atau Milad ke-22.

Ketua KOOD Kota Depok, Ahmad Dahlan mengungkapkan, tasyakuran digelar hari ini di Rumah Budaya Depok yang berlokasi di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas. Kemudian, Parade Mawalan Bergengsi baru akan dilaksanakan pada hari Sabtu (01/10) dan Minggu (02/10).

"Ada 45 tim Qasidah yang akan mengikuti lomba Mawalan, semuanya warga Depok," ungkapnya kepada berita.depok.go.id, usai ditemui di Rumah Budaya Depok, Kamis (29/09/22).

Dikatakan Dahlan, KOOD adalah sebuah perkumpulan yang berorientasi pada seni budaya dan bahasa. Imbuhnya, masyarakat dan daerah lain menilai jati diri suatu daerah dari sisi seni budaya dan bahasanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, KOOD berupaya untuk terus melakukan pelestarian kesenian dan budaya agar tidak lekang oleh waktu. Meski, budaya populer sudah memasuki berbagai kalangan masyarakat di dunia, termasuk Kota Depok.

"Kami sudah membuat draft perjanjian kerja sama dengan Disporyata Kota Depok untuk pelestarian kesenian, pentas budaya, dan lainnya. Tinggal menunggu waktunya saja," papar Dahlan.

Dahlan menyebut, bukan hanya orang asli Depok yang dapat bergabung di KOOD. Namun, semua etnis dipersilahkan untuk menjadi anggota KOOD, asalkan berdomisili di Kota Depok.

"Semua etnis ada, kami tidak menutup diri setiap orang boleh bergabung di sini, tapi KOOD mengangkat pelestarian seni budaya Betawi Depok," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)