Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Lurah PGS Dorong Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan

JD09 - berita depok
Senin, 22 Mei 2023, 20:16 WIB
Lurah PGS, Tri Sakti Anggoro memberikan sambutan pada acara halalbihalal UMKM PGS di aula Kantor Kelurahan PGS, Senin (22/05/23). (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) Kecamatan Cimanggis mengadakan halalbihalal dengan anggota Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di aula Kantor Kelurahan PGS. Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pendaftaran program Wirausaha Baru (WUB) yang diikuti 50 calon peserta.

Lurah PGS, Tri Sakti Anggoro mengatakan, acara ini penting bagi pelaku UMKM untuk mempererat silaturahmi. Selain berkumpul, acara ini juga jadi ajang berdiskusi terkait masalah bisnisnya masing-masing untuk bisa dicarikan solusinya.

"Kondisi perekonomian sekarang ini sangat dinamis, sehingga bisa saling berbagi informasi dan pengalaman antar pelaku UMKM," tutur Sakti kepada berita.depok.go.id, Senin (22/05/23).

Menurut Sakti, syarat bisnis agar bertumbuh adalah dengan cara berbagi. Dengan berbagi, pelaku UMKM akan mendapat banyak saran dan masukan dari pengalaman orang lain, sehingga dapat menambah pengetahuan untuk mengembangkan usahanya.

Dirinya juga mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan. Salah satunya, program Wirausaha Baru yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

"Mungkin banyak pelaku UMKM yang berpendapat bahwa mengikuti pelatihan akan kehilangan waktu melakukan usaha atau kehilangan omzet. Namun saya yakin, nilai investasi dari pelatihan akan jauh lebih berharga dari omzet yang berkurang selama mengikuti pelatihan," kata Sakti.

"Contohnya adalah ilmu marketing, akses pasar, akses permodalan dan lain sebagainya," ucap dia.

"Semoga melalui program WUB, para pelaku usaha di PGS dapat meningkatkan omzet yang berdampak pada meningkatnya perekonomian mereka," tutupnya. (JD 09/ED 01/EUD 04)