Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

News
Lewat SERA MIJEL, Cing Ikah Ajak Anak PAUD Belajar Cinta Lingkungan Sejak Dini
JD 03 - berita depok

96
Selasa, 7 Okt 2025, 20:42 WIB

Cing Ikah (kebaya biru) membacakan buku Mengenal Sera Mijel Bersama Boni kepada murid RA Al-Hidayah, beberapa waktu lalu. (Foto: Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Tak hanya menumbuhkan budaya belajar, program Ngider Bunda PAUD Kota Depok, Siti Barkah Hasanah atau Cing Ikah juga membawa pesan penting tentang kepedulian lingkungan.

Dalam kegiatan di RA Al-Hidayah dan PAUD PB Miftahul Anwar, Cing Ikah mengajak anak-anak untuk ikut serta dalam Gerakan SERA MIJEL (Sembako Rakyat Minyak Jelantah). 

Dengan gaya khas yang hangat, Cing Ikah mendongengkan buku berjudul “Mengenal Sera Mijel Bersama Boni” di depan anak-anak.

“Lewat cerita sederhana, anak-anak belajar bahwa minyak bekas jangan dibuang sembarangan. Bisa diolah kembali, bahkan jadi bahan bakar pesawat,” ujarnya, kepada berita.depok.go.id

Menurut Cing Ikah, melalui kegiatan seperti ini anak-anak tidak hanya belajar teori, tapi juga praktik langsung tentang cinta lingkungan dan tanggung jawab sosial.

“Dari hal kecil seperti minyak jelantah, mereka belajar bahwa menjaga bumi bisa dimulai dari rumah dan sekolah,” katanya.

Gerakan ini juga melibatkan orang tua, salah satunya, Indira, warga Curug, orang tua murid kelas B3 RA Al-Hidayah, yang mengaku senang dengan kegiatan tersebut.

“Kami sudah kumpulin minyak jelantah selama tiga minggu. Lumayan banget nanti dapat minyak bersihnya. Anak-anak jadi tahu cara mengelolanya, sekarang ada wadahnya dan gunanya,” katanya sambil tersenyum.

Sementara itu, Budin Samsudin, Ketua Yayasan PAUD Miftahul Anwar, mengungkapkan rasa bangganya bisa berpartisipasi.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa kedatangan rombongan dari Cing Ikah. Dari sekolah saja terkumpul hampir 100 liter minyak jelantah. Kami siap terus mendukung karena kegiatan ini bukan hanya edukatif tapi juga bermanfaat untuk lingkungan,” pungkasnya. (JD 03/ED 01).


Apa reaksi anda?
0
0
0
0
0
0
0