Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Lewat Demo Masak, Kader Posyandu dan PKK Depok Belajar Membuat Menu PMT Lokal

JD 02 - berita depok
Rabu, 29 November 2023, 11:17 WIB
Kegiatan demo masak PMT lokal yang dilakukan oleh UMKM untuk para Kader PKK dan Posyandu Kota Depok di Wisma Hijau, Selasa (29/11/23). (Foto: Dokumentasi Dinkes Depok).

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Kegiatan Edukasi Gizi melalui Demo Masak Makanan Tambahan Bagi Balita. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Posyandu Kota Depok. 

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, kegiatan demo masak tersebut dilakukan sebagai upaya dalam memberikan informasi dan edukasi kepada kader PKK dan Posyandu terkait Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lokal kepada balita yang saat ini tengah berlangsung. Untuk kemudian disampaikan kepada ibu balita. 

"Sehingga, program PMT lokal yang sedang kami lakukan saat ini tidak hanya sekadar membagi makanan tetapi juga memberikan pemahaman untuk menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi bagi balita," tuturnya saat memberikan sambutan pada acara tersebut di Wisma Hijau, Selasa (28/11/23). 

Dirinya mengatakan, PMT lokal yang disajikan sudah sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan United Nations Children's Fund (UNICEF). Menu tersebut dalam satu siklus, diberikan kudapan selama enam hari dan satu hari makanan lengkap. 

Untuk menu kudapan, bukan merupakan menu utama, mengandung dua jenis protein hewani yang beda, dikonsumsi diantara waktu makan utama yang dapat membantu memenuhi kecukupan kebutuhan harian.

"Serta makanan lengkap, yang merupakan menu makanan lengkap bergizi seimbang sekali makan. Terdiri dari makanan pokok, lauk pauk hewani dan nabati, sayuran dan buah, disertai dengan konsumsi air yang cukup," jelasnya.

Dalam demo masak yang dilakukan tersebut, Dinkes Kota Depok turut menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mempraktikkan langsung pembuatan beberapa menu PMT lokal untuk balita. Adapun menu yang dibuat antara lain sup telur tersembunyi, bola-bola kentang ayam dan otak-otak ikan telur. 

"Sudah dijelaskan bahan-bahan dan cara pembuatannya, harapannya dapat diikuti para kader dalam menyiapkan PMT lokal pada Posyandu dan ibu balita untuk memberikan PMT lokal pada anaknya," tandasnya. (JD 02/ ED 01).