Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Lestarikan Budaya Lokal, Wali Kota Depok Buka Lebaran Kukusan

JD 08 - berita depok
Sabtu, 20 April 2024, 20:49 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris membua kegiatan Lebaran Kukusan di Lapangan Kukusab, Beji, Sabtu (20/04/24). (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi terselenggaranya perayaan Lebaran Kukusan yang digagas Karang Taruna (Katar), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan stakeholder terkait.

Wali Kota Depok yang kerap disapa Kiai Idris menyebut, Lebaran Kukusan yang dihelat kedua kalinya ini, merupakan tradisi sederhana yang mengangkat budaya tempo dulu.

Menurut Kiai Idris, Lebaran Kukusan menjadi upaya mempertahankan tradisi sederhana di masyarakat zaman dulu, salah satunya, tradisi rantangan dengan makan bersama.

“Ini tradisi sederhana mengangkat budaya lebaran yang dilakukan warga zaman dulu, seperti rantangan, anak muda mengantar makanan ke orang tua, itu sebagai budaya menghormati orang tua, di event ini dimunculkan dengan pawai rantangan dan makan bersama,” tuturnya, usai membuka Lebaran Kukusan yang juga didampingi Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Lapangan Kukusan Kecamatan Beji, Sabtu (20/04/24).

Dikatakan Kiai Idris, Depok merupakan kota multi etnis yang kaya suku dan budaya, baik Betawi, Jawa, Sunda dan lain sebagainya.

Maka, dalam kegiatan Lebaran Kukusan ini, semua etnis bersatu, mempertahankan keguyuban dan kebersamaan mereka.

Karena itu, tarian Sunda juga ditampilkan saat pembukaan acara Lebaran Kukusan.

“Suku Betawi di Depok 36 persen, Jawa 35 persen, itu data lama ya belum di update, bisa jadi sekarang suku Jawa lebih banyak,” ungkapnya.

"Mudah-mudahan kelurahan lain bisa mencontoh kegiatan ini, walaupun nantinya dikemas dalam bentuk yang berbeda,” sambungnya.

“Sukses acaranya, maju budayanya, semoga bisa menjadi kegiatan tahunan,” tutup Kiai Idris. (JD 08/ED 02)