Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

KPU Depok dan PPK Sawangan Sosialisasikan Tahapan Pemilu kepada Pelajar di Sawangan

JD 03 - berita depok
Selasa, 30 Mei 2023, 19:58 WIB
News
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawangan melakukan sosilisasi kepada para pemilih pemula di Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah dan Al Karimiyah, Sawangan. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Komisi Umum Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawangan mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 kepada pelajar di Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah dan Al Karimiyah Sawangan. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, untuk menyukseskan pemilu kuncinya adalah sosialisasi. Terlebih, kepada para pemilih pemula yakni para pelajar agar mereka bisa meningkat kesadaran, pemahaman dan partisipasi pada Pemilu 2024.

"Pelaksanaan Pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024. Bagi pelajar yang sudah berumur 17 bisa ikut memilih," katanya usai sosialisasi, Selasa (30/05/23).

Nana meminta pelajar yang akan memasuki usia 17 tahun untuk segera melakukan perekaman dan mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Sehingga bisa ikut memilih dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Dengan sudah terdaftar sebagai pemilih, tentunya nanti bisa berbondong-bondong ke TPS untuk menggunakan hak pilih. Silakan mau milih siapa saja terserah masing-masing pemilih. Tapi jadilah pemilih yang cerdas dan paham visi dan misi para calon," katanya.

Sementara itu, Anggota PPK Sawangan, Diego menambahkan, sosialisasi ini adalah rangkaian tahapan Pemilu untuk menyampaikan untuk pemilihan umum untuk memilih Presiden, anggota legislatif. Serta menyampaikan tahapan Pemilu 2024.

"Kami mengajak para pelajar untuk menggunakan hak pilihnya. Karena pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya, dan pemilih adalah warga Negara Indonesia (WNI) yang genap berusia 17 tahun," kata Diego.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah, Mamit menyambut baik kehadiran PPK Sawangan dan KPU Depok memberi sosialisasi Pemilu 2024 kepada Menurutnya, para siswa yang sudah berumur 17 sebagai pemilih pemula memang membutuhkan bimbingan.

"Calon pemilih pemula butuh bimbingan. Mereka juga senang mengikuti sosialisasi ini," tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 04)