Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kota Depok Tingkat Kemiskinannya Terendah Kelima di Indonesia

JD09 - berita depok
Minggu, 22 Januari 2023, 16:00 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyebutkan, pada tahun 2022, penduduk miskin Kota Depok berada pada posisi lima terendah se-Indonesia. Kota Depok memiliki persentasi penduduk miskin sebesar 2,53 persen.

"Secara persentasi penduduk miskin Kota Depok berada diposisi lima terendah di Indonasia, di bawah Kota Sawahlunto, Balikpapan, Bangka Barat dan Kota Tangsel," ungkap Wakil Wali Kita Depok, Imam Budi Hartono kepada berita.depok.go.id, Sabtu (21/01/22).

Bang Imam, sapaan akrabnya, mengatakan, capaian tersebut dapat diraih berkat sejumlah upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Antara lain, penggunaan satu data kemiskinan melalui Sitpas atau Sistem Terintegrasi Pelayanan Sosial yang dikembangkan menjadi Sistem Satu Data KODE MASAKINI (Kota Depok Masyarakat Miskin Terintegrasi).

Selain itu, ujar Bang Imam, Kota Depok pun melakukan integrasi program penanggulangan kemiskinan berbasis sasaran dan kewilayahan dengan menititikberatkan pada peningkatan Human Development Index (HDI).

Tak hanya itu, Kota Depok juga melalui strategi penguatan program Kartu Depok Sejahtera (KDS) yang terintegrasi dengan 7 kegiatan juga menjadi salah satu faktor menurunnya angka kemiskinan.


Terakhir, tambah Bang Imam, terdapat juga program-program seperti Bantuan Pangan Kota (BPK), bantuan lansia dan disabilitas berdaya, santunan kematian dan bantuan keterampilan. Serta pelatihan kerja untuk warga tidak mampu.


"Semoga dengan program dan kegiatan tersebut angka kemiskinan di Kota Depok dapat terus berkurang, sehingga terwujud Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera," tandasnya.


Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis persentase penduduk miskin di kota dan kabupaten Indonesia.

Persentase penduduk miskin ini pada tahun 2021-2022. (JD09/ED02)