Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Kota Depok Raih Penghargaan Pilot Project Dashboard E-Monev KTR

JD 12 - berita depok
Jumat, 9 Juni 2023, 14:15 WIB
News
Staf Ahli Wali Kota Depok, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Usman Haliyana (ketiga kanan) didampingi Kadinkes Kota Depok, Mary Liziawati (keempat kiri) saat menerima penghargaan Daerah Pilot Project Dashboard E-Monev KTR oleh Kemkes RI, Kamis (08/06/23). (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperoleh penghargaan Daerah Pilot Project Dashboard E-Monev KTR oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS). Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menerapkan pengawasan implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) menggunakan E-Monev KTR. 

"Alhamdulillah, Kota Depok menjadi salah satu dari enam pilot project pemanfaatan Dashboard KTR yaitu platform berbasis web online yang terkait dengan aplikasi seluler untuk digunakan oleh pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kota/kabupaten untuk memantau pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, kepada berita.depok.go.id, Jumat (09/06/23). 

Mary menjelaskan, ada empat instrumen pengembangan dashboard KTR yaitu regulasi KTR, pengawasan KTR, penegakan KTR dan kepatuhan KTR. Upaya-upaya yang dilakukan, imbuhnya, berupa sosialisasi pemanfaatan dashboard KTR ke seluruh wilayah di Kota Depok. 

"Kemudian, memasifkan pembinaan KTR di wilayah dan penerapan kepatuhan serta pemenuhan unsur lain, yang dapat meningkatkan peringkat dashboard seperti regulasi dan lain-lain," sambungnya. 

Saat ini, kata Mary, di dalam dashboard KTR per Jumat (06/05), Kota Depok berada di peringkat kedua dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, dengan hasil penilaian sebesar 0,81. 

"Harapannya dengan adanya dashboard KTR, implementasi KTR di Kota Depok dapat terus meningkat, sejalan dengan angka kepatuhan yang semakin membaik," tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD 04)